Rabu, 17 Desember 2008

SOSIALISASI PEMILU 2009 di POSO BELUM MERATA

Poso - Tata cara mengunakan hak suara pada pemilu tahun 2009 yang rencananya diadakan beberapa bulan yang lalu ternyata sampai saat ini belum banyak diketahui oleh warga Kota Poso dan sekitarnya .

"Saya tidak tahu “dang” (Bang) kalau tata cara memilih calon untuk pemilu 2009 besok berbeda, belum ada sosialisasi," kata penjual sayur di bilangan pasar Poso, Arlina (36), Rabu (17/12).

Warga Gebang Rejo, Kec Poso Kota ini mengaku belum pernah melihat sosialisasi pemilu 2009, baik lewat surat kabar maupun televisi bahkan melalui radio.

Sama halnya dengan Arlina, Syamsudin (41), warga kecamatan Poso Pesisir Utara ini juga mengaku belum mengetahui tata cara menggunakan kertas suara pada pemilu bulan April mendatang.

"Saya memang kadang-kadang membaca koran dan menonton televisi, tapi yang sering saya lihat hanya kampanye calon legeislatif dan partai politik saja," katanya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai ojek dan tenaga serabutan ini berharap kampanye dari parpol dan calon legeislatif berupa pamlet dan stiker, disertai dengan tata cara memilih, jadi jauh-jauh hari calon pemilih sudah mengetahui.

Sementara itu Hamidah (51), mengaku pernah mendengar dari tetangga kalau tata cara pemilu yang akan datang berubah cara, tetapi ia tidak tahu pasti caranya.

"Saya memang pernah dengar kalau sekarang modelnya tidak lagi mencoblos seperti dulu, tapi tidak tahu diganti jadi seperti apa," kata warga Pamona ini.

Meski pemilu masih kurang beberapa bulan bulan lagi, tapi sejumlah warga yang diminta keterangan, berharap segera dilakukan sosialisasi agar tidak kebingungan saat hari pencenangan ( dulu pencoblosan).

"Kami berharap sosialisasi segera dilakukan agar cepat menyebar ke seluruh masyarakat, jadi pihak-pihak terkait akan lebih efektif melakukan sosialisasi," kata Hamidah (rstmopm).


PROV SULTENG LAKUKAN SELEKSI CPNS
SECARA SERENTAK

Daerah Prov. Sulawesi Tengah (Sulteng) pada, Selasa (16/12) yang lalu telah melakukan seleksi calon pegawai negri (CPNS) formasi 2008 secara serentak diberbagai wilayah.

Di daerah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), bertempat di kantor pemerintah daerah Parimo telah lakukan seleksi CPNS dan di buka oleh ketua panitya peneriman CPNS, Drs. Nirman J.Winter yang seharinya menjabat sebagai Asisten III Sekda Kab. Parimo.

Ikut dalam seleksi, sekitar 2407 orang CPNS perempuan maupun lakilaki. Adapu rincian peserta seleksi, untuk tenaga guru sejumlah 1464 orang diikuti peserta terdiri lulusan S1 sejumlah 527 orang, dan D2 sebanyak 937 orang.

Untuk CPNS tehnis, sebanyak 589 orang dengan rincian peserta S1 sejumlah 514, dan D3 sejumlah 75 orang. Adapun ikut tes diperuntukan tenaga medis,sebanyak 354 orang.

Selama mengikutu Tes seleksi, para CPNS telah mendapatkunjungan dari beberapapihak seperti dari Muspida Kab. Parimo dan anggota dewan. Pada kesempatan tersebut, Nirman J Winter meminta, para seleksi untuk mengerjakan secara sungguh sungguh serta dilaksanakan secara tertib dan mengucapkan selamat mengerjakan.

Sementara di Kab. Poso, seleksi CPNS telah diikuti 1600 orang seleksi. Sedangkan lokasi seleksi dilaksankan di tiga tempat yang berbeda, untuk CPNS Guru D2 dan D3 testing bertempat di gedung sanggar pemuda Jl. P. Kalimantan Poso Kota, alokasi jumlah di terima menjadi CPNS sebanyak 210 orang.

Untuk pesera seleksi CPNS D3 umum, teknik dan kesehatan, bertempat di gedung PGRI Jl. P. Kalimantan Poso Kota, alokasi jumlah di terima menjadi CPNS sebanyak 60 orang.

Sedangkan CPNS S-1 Umum, melakukan seleksi bertempat di GOR Puselemba kel. Kasintuwu Kecamatan Poso Kota Utara kab. Poso Jumlah di terima menjadi CPNS sebanyak 34 (tiga puluh empat) orang

Menurut informasi lapangan, dari sejumlah peserta seleksi, menurut rencana yang akan dibutuhkan untuk CPNS sekitar 300 orang (rstmopm).


KAB POSO LAKUKAN PEKAN OLAH RAGA HARMONISASI

Tentena - Upaya rekonsiliasi dan harmonisasi wilayahnya, Pemerintah daerah Kab. Poso pada Selasa (16/12) menyelenggarakan pekan olah raga (POR) di Kec. Pamona Utara, Kab. Poso.

POR tersebut, diikuti sekitar 100 orang lebih dari masing masing kecamatan wilayah Kab. Poso. Adapun cabang olah raga yang dilombakan, diantaranya, Bola Kaki Mini putra/putri, Bola Voli putra/putri dan Sepak takraw.

Pembukaan POR dibuka oleh Dandim 1307/Poso, Letkol Suwanto S.I.P yang mewakili Bupati Poso, Drs.Piet Inkiriwang MM

Dalam sambutannya, Suwanto mengatakan, Kehidupan berbangsa dan bernegara menuju terciptanya integritas bangsa yang semakin kuat, juga menciptakan kegiatan rekreatif bagi masyarakat.

Diakuinya, melalui turnamen yang melibatkan orang banyak dari perwakilan setiap wilayah kecamatan yang ada di Kab. Poso sesungguhnya tidak terlepas dari bentuk pembinaan dan pembangunan olah raga sehingga terwujud kondisi sosial yang lebih dinamis serta membawa keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat .

Hal yang sama disampaikan Ketua panitya Drs. H. Tondawani, Turnamen tersebut untuk meningkatkan semangat kebersamaan.

Selain tu, melalui kegiatan olah raga dengan ditopang oleh makin mantapnya pengalaman etika dan moral budaya sehingga tercipta makin mantapnya persatuan dan kesatuan sesuai jiwa dengan semangat reformasi.

Adapun POR tersebut, menurut rencana akan dilaksakan selama empat hari dan berakhir pada Jumat (19/12) mendatang (rstmopm).********

Tidak ada komentar: