Senin, 15 Desember 2008

PEMDA KAB. POSO SELENGGARAKAN PAMERAN KETAHANAN PAGAN

Poso - Dalam memeringati Hari Pangan Dunia ke 28, pemerintah daerah Kab. Poso hari ini Senin (15/12) selenggarakan pameran ketahanan pangan wilayahnya.

Pameran ketahanan pangan wilayah Poso yang diikuti sejumlah kelompok tani dari beberapa kecamatan tersebut, dibuka oleh Seketaris daerah yang mewakili bupati Poso, Drs. Piet Ikiriwang di lapangan Sintuwu Maroso.

Dalam sambutannya Bupati Poso yang diwakili Seketaris daerah mengatakan, pameran masyarakat tani tersebut, sekaligus mengevaluasi berbagai kelemahan dan kekurangan yang harus diperbaiki dan dipertingkatkan dimasa mendatang.

Ia juga mengakui, kegiatan pameran ketahanan pangan dalam rangka memperingati hari pangan sedunia ke 28 yang jatuh pada tangggal 16 Oktober, namun sesuatu hal, acara tersebut baru dapat terlaksana. Dilaksanakan pada hari ini, justeru membawa hikmah yang cukup penting karena masyarakat Poso akan merayakan hari Natal dan tahun baru 2009.

Dikatakan juga, hari pangan dunia diperingati setiap tahunnya agar seluruh lapisan mayarakat menyadari akan pentingnya pangan bagi kehidupan manusia dan mengugah hati bahwa saat ini, setiap lima detik seorang anak dibawah sepuluh tahun meninggal akibat kelaparan.
Piet Inkirawang mengungkapkan, suatu wilayah yang tahan pangannya rawan apabila sumber daya alamnya tidak dikelola secara bijaksana. Kerawanan pangan merupakan isu multi dimensional dan memerlukan tinjauan yang lebih cermat terhadap sekumpulan parameter , tidak hanya tergantung pada produksi dan ketersediaan pangan saja (rstmopm).

Tidak ada komentar: