Rabu, 03 Desember 2008

PEKERJAAN UMUM MAMPU SUKSESKAN PENGENTASAN KEMISKINAN


SB Poso - Semangat kebangkitan dalam melakukan tugas pembangunan dibidang ke PU an diharapkan menjadi salah satu penentu suksesnya program pengentasan kemiskinan.

Hal ini, sejalan dengan Tema sentral peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke63 tahun 2008 yakni “ Aktualisasi Semangat Sapta Taruna dalam Terwujudnya Kesejahteraan Rakyat”.

Menteri Pekejaan Umum, Djoko Kirmanto dalam sambutannya disampaikan Gubernur HB Paliju pada peringatan ke 63 Hari Bhakti PU tingkat Sulawesi Tengah Rabu pagi (3/12)menilai, peringatan ini sebagai pengerak jajaran ke PU an di daerah untuk bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat dalam menghadap tantangan tugas percepatan pembangunan insfastruktur pekerjaan umum dimasa mendatang.

Menteri Djoko Kirmanto juga mengingatkan, jajaran pekerjaan umum di daerah tetap konsisiten dalam mewujudkan langkah-langkah dan rencana kerja hasil evaluasi kineja tahun 2008.

Sebab menurutnya, perencanaan dan program tahun 2009 difokuskan pada upaya percepatan pencapaian sisa target dalam pemenuhan sasaran baik yang terkait dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPCMN) maupun restra Departemen PU hasil review tahun 2007.*******


KAB. DONGGALA SULTENG
SIAPKAN DAERAH LUMBUNG PANGAN

Kabupaten Donggala, Pop. Sulawesi Tengah, akan mencalonkan Kecamatan riopakafa sebagai lumbung pangan ke depan.

Meskipun beberapa kecamatan di Lembah Palu sebagai lumbung pangan untuk Kabupaten Donggala, namun tidak akan memperngaruhi produksi beras bila sejumlah kecamatan itu sudah masuk wilayah Kabupaten Sigi.

Wakil ketua DPRD Kab. Dongala, Suwadi Lacina pada rabu pagi (3/12), mengakui, produksi pangan khususnya beras di Kab.Dongala tetap memiliki potensi cukup besar meskipun sebagian kecamatan di Lembah Palu yang memiliki potensi sudah berada di wilayah Kab. Sigi.

Menyikapi hal itu, pihak Pemda akan menetapkan Riopakafa sebagai lumbung pangan untuk Kab. Donggala.

Selain Riopakafa, beberapa kecamatan juga memiliki potensi pertanian seperti, Kec. Penawa Selatan, serta beberapa kecamatan di pantai barat. Untuk itu, tidak pelu dikhawatirkan tentang kurangnya potensi pertanian meskipun beberapa kecamatandi Lembah Palu akan bepisah dengan Kab. Donggala. *******


KAB.POSO TERUS LAKUKAN PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN

Usaha peningkatan mutu dan kuwalitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kab. Poso terus dilakukan pemerintah daerah yang dikenal dengan Sintuwu Marosonya.

Hal tersebut mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai institusi dan lembaga terkait dengan penganan masalah kesehatan.

Politeknik kesehatan (Poltekes) Palu misalnya, mengambil peran dalam peningkatan kemampuan dan profesional bidan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut diwujudkan dengan membuka program khusus Akademi Kebidanan setara dengan diploma D3 tahun 2008.

Program tersebut, secara resmi telah dibuka pada Senin (1/12) oleh Bupati Poso yang diwakili Asisten II, Sekda, Drs.Lambang B. di ruang rapat kantor dinas kesehatan Poso.

Pada kesempatan itu, Bupati Poso Piet Inkiriwang dalam sambutan tertulisnya, dibacakan Asisten II mengatakan, menyambut baik dan sekaligus memberikan apresiasi atas peran dan dukungan Poltekes yang telah menjalin kerjasama dengan pihak Pemda Poso melalui dinas kesehatan dalam pembangunan dibidang kesehatan(rsmopm).

Tidak ada komentar: