Senin, 22 Desember 2008

85 PASANG LAKUKAN KAWIN MASSAL

Poso - Sejumlah pasangan pengantin dari wilayah Kabupaten Poso beberapa hari yang lalu, Jumat (19/12) telah dikawinkan secara masal oleh pemerintah daerah Kab.Poso. Adapun 85 pasang pengantin yang dikawinkan berasal dari wilayah Kec.Lore Utara, Lore Timur, Lore Peore, dan Kec.Lore tengah.

Kepala kantor departemen agama Kab. Poso, Drs.H.Nasrudin L Mido menyapaikan, acara perkawinan masal tersebut, dilaksanakan dalam rangka hari amal bhakti departemen agama Kab.Poso yang ke 63. Selain itu, hal ini merupakan kuwajiban setiap pasangan pengantin untuk memiliki bukti perkawinan berupa buku nikah.

Adapun kemanfaatan buku nikah, antara lain, salah satu bukti syah sebagai pasangan suami istri atau persyaratan bukti surat kelahiran anak.

Selain perkawinan masal, Departemen agama Kab. Poso juga melaksankan Sholat Jumat dan qotbah dari kepala departemen agama Kab. Poso.

Bupati Poso yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab.Poso dalam sambutannya menyampaikan, kawin massal yang diselenggarakan Departemen Agama Poso merupakan wujud dan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali.

Untuk melangsungkan pesta perkawinan yang ditandai dengan buku Nikah kepada masing masing pasangan Departemen Agama yang secara langsung menangani agama senantiasa kiranya dapat melakukan kebijakan dan program srategis dibidang pembinaan perkawinan keluarga khususnya, pendidikan pranikah dan bimbingan rumah tangga dalam rangka penasehatan pembinaan dan kelestarian perkawinan.*******


KAB. POSO GELAR PERTUNJUKAN
RAKYAT TRADISIONAL

Poso - Seiring kondusifnya wilayah Kabupaten Poso, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso secara resmi membuka kegiatan pertunjukan rakyat tradisional yang diselingi musik Band Kawula muda sekabupaten Poso pada Sabtu malam ((20/12) di alaun alun lapangan Sintuwu Maroso.

Acara yang didominasi para kawula muda sekabupaten Poso yang sangat antusias mengikuti jalannya hiburan tersebut. Adapun acara pertunjukan rakyat tradisional tersebut mengambil Tema, ” Hindari Penyalah Gunaan Narkoba dan Perilaku Free Sex dalam Upaya Menanggulangi Bahaya Virus HIV/AID di Kabupaten Poso ”.

Bupati Poso yang diwakili Kabaginfokom, Amir Kiat SH mengatakan, pentingnya sosialisasi masalah penyalahgunaan Narkoba, bahayanya HIV/AID terhadap masyarakat khusunya kepada generasi muda yang sangat rentan terhadap pengaruh pengaruh negatif akibat pergaulan bebas.

Selanjutnya, penyebaran informasi di Kab.Poso melalui berbagai media atau kegiatan yang dilaksankan pemerintah untuk menyampaikan informasi atau pesan pesan kepada khAlayak intent dilaksankan Infokom, sehingga dalam menanggulangi masalah sosial di daerah Poso dapat diatasi secara bersama seperti, bahaya Narkoba dan virus HIV/AID.

Bupati Poso Piet Inkiriwang sebelum mengakhiri sambutannya memngharapkan, kegiatan yang berlangsung semalam ini dapat bermanfaat khususnya di kalangan generasi muda Kab. Poso tentang informasi yang benar dalam menanggulangi fenomena yang hampir melanda diseluruh wilayah Indonesia.

Sementara pesan pesan yang disampaikan Group Pagelaran Rakyat, Dian Lawak, memuat lima jalur jalur yang diharapkan dalam melaksanakan upaya pencegahan penyalah gunaan narkoba secara efektif.********


KABUPATEN POSO LAKUKAN
KAMPANYE ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

Dalam rangka memperingati 16 hari kampanye Anti Kekerasan Terhadap Peremuan yang dirangkaikan dalam momentum Hari Ibu Besuk pagi, Selasa (23/12) Pemda Poso lakukan gerak jalan santai.

Gerak jalan santai menurut rencana, akan diikuti seluruh kepala dinas, kepala bagian dan karyawan/karyawati pemerintah daerah Kab. Poso.

Adapun route yang dilalui, Start dari alun alun lapangan Sintuwu Maroso kemudian mengelilingi kota Poso (rstmopm).

Tidak ada komentar: