Rabu, 18 Maret 2009

PROPINSI SULAWESI TENGAH MULAI SALURKAN DANA BLT

Palu - Sepertiga daerah Ibukota Propinsi di seluruh Indonesia hari ini, Rabu (18/3) secara serentak mulai menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2009 kepada rumah tangga sasaran.

Khusus di Palu, Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah, penyaluran dana BLT tahun 2009 yang dimulai hari ini Rabu (18/3) berjalan lancara dan aman. Sebagaimana daerah lainnya di tanah air, dana BLT tahap pertama yang disalurkan sebesar Rp 200.000/RTS untuk periode Januari - Februari 2009.

Kepala kantor PT. Pos Indonesia Palu, Almutadir Thayib disela sela penyaluran dana BLT kantor Pos, Jln Mohamad Yamin tadi siang menjelaskan, jumlah RTS penerima BLT di kota Palu sesuai data BPS tahun 2008 sebanyak 13166 RTS dengan total BLT senilai Rp 2 milyar 633 juta.

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 13.376 RTS. Seperti halnya tahun lalu, penyaluran BLT di kota Palu dilakukan di lima titik seperti, di Jln Moh Yamin, Jln.Soedirman, Hangtuah, Palu Barat dan Tauli. Hal ini dilakukan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Penyaluran dana BLT di kota Palu selain mendapat pengawalan dari perugas keamanan juga dipantau lansung oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) Sulawesi Tengah.

Kepada wartawan Kepala Sub bidang pengembangan lembaga ekonomi masyarakat BPMD Sulawesi Tengah, Bandy Tobing saat melakukan pemantauan di lapangan mengakui, penyaluran BLT di kota Palu berjalan dengan baik.

Namun dirinya berharap, pemerintah juga hendaknya memikirkan dana insentif kepada petugas penyalur dana BLT. Penyaluran dana BLT dikota Palu diperkirakan akan tuntas sesuai jadwal yang ditentukan selama lima hari.

Sementara masyarakat penerima BLT, dalam menerima bantuan BLT masyarakat yang menerima bantuan tersebut sangat antusias. Dari lima titik penyaluran pada hari pertama ini, pihak Kantor Pos melayani sedikitnya 3000 RTS penerima BLT.******
PERS SEBAGAI KONTROL SOSIAL HARUS BERIMBANG

Palu - Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Polisi Drs Suparni Parto berharap, pemberitaan Pers harus profesional dan berimbang dalam menyajikan fakta secara obyektif.

Pentingnya profesionalsme tersebut, menurut Suparni Parto, dalam rangka dalam rang melaksanakan fungsi Pers sebagai sosial kontrol dan media pendidikan.

Diruang kerjanya kemarin, suparni Parto yang didampingi Kadit Humas AKBP Drs. Irfaizal Nasution menilai, masih banyak pekerja Pers yang hanya memberitakan yang bersifat negatif.

Seharusnya, menurut Kapolda, pemberitaan tersebut disajikan secara berimbang baik kekurangan maupun keberhasilan suatu institusi.

Dengan situasi Pers saat ini, Kapolda bersama bersanggup untuk menjadi salah satu nara sumber pada Talk Show yang akan disenggarakan oleh RRI Palu pada Sabtu (21/3) yang menurut rencana berlangsung pada pukul 20.30 hingga 24.00 Wita.******


SUKSESNYA PEMILU 2009 DI KOTA PALU PERLU DUKUNGAN PEMDA

Palu -
Dalam rangka menunjang suksesnya Pemilu 2009 di kota Palu, perlu dukungan dan fasilitas dari pemerintah daerah sesuai tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

Dukungan dan fasilitas tersebut, telah tertuang dalam surat keputusan Walikota Palu No 270 tanggal 17 Maret tentang pembentukan tim koordinasi Pemilu 2009.

Wakil Walikota Palu, Andi Muhanan Tumbolotutu SH ketika memimpin rapat koordinasi tadi pagi Rabu (18/3) mengatakan, Pemilihan umum yang tinggal beberapa hari lagi sangat memerlukan peran dan dukungan dari Tim koordinasi untuk memback up seluruh kegiatan sekretariat KPU kota Palu.

Sehingga peran dari Tim Koordinasi, sangat diharapkan untuk menyukseskan Pemilu dengan melakukan koordinasi secepat mungkin bersama pihak sekretariat KPU kota Palu.

Terkait dengan tugas sekretariat KPU menyangkut peliputan kertas suara menurut Andi Muhanan Tumbolotutu, akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak TNI dan ke kepolisian.

Tim yang tergabung dalam tim koordinasi Pemilu 2009 tersebut, diantaranya, sekretaris kota, Asisten I, dan sebagian SKPD serta seluruh Camat yang ada di kota Palu.****
SUKSESNYA PEMILU MENENTUKAN KESINAMBUNGAN PEMBANGUNAN

Palu -
Suksesnya pesta demokrasi Pemilu 2009, akan menentukan kesinambungan perjalanan pemerintahan dan pembangunan lima tahun kedepan.

Keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2009, menurut Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Tengah, H. Ahmad Yahya SE MN ikut ditentukan oleh tingginya partisipasinya masyarakat dalam memberikan hak pilihnya.

Oleh karenya dirinya mengajak segenap komponen masyarakat untuk menyukseskan agenda pesta demokrasi Pemilu 2009 sehingga berjalan lancar, jujur, langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Wakil Gubernur juga mengingatkan, agar penyelenggara pemilu mulai dari tingkat Propinsi, Kabupaten/Kota hingga ke KPPS mampu melaksankan tugas secara obyektif serta menghasilkan karya yang berkuwalitas pula.******


KAB.DONGGALA, PERSONIL POLRI
DIPOSKAN DAERAH RAWAN

Donggala - Polres Kabupaten Donggala telah siap melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum terutama saat kampanye terbuka yang dimulai kemarin Selasa (17/3) hingga hari “H” pemungutan suara.

Bahkan hingga tahapan selanjutnya, telah menyiapkan sebanyak 540 personilnya.

Kapolres Donggala, AKBP Fajar Abdila SIK mengatakan, personil sebanyak tersebut ditempatkan di Poso-pos tertentu yang dianggap sebagai daerah rawan terhadap terjadinya pelanggaran atau tindak pidana rantib yang menyangkut gangguan terhadap tahapan Pemilu termasuk Kampanye.

Menurutnya, ada sejumlah rawan terjadinya pelanggaran dimaksud, diantaranya Kec Dolo, Biromaru, dan wilayah pantai barat Kab. Donggala(rstmopm).

Tidak ada komentar: