Jumat, 06 Maret 2009

PEMBANGUNAN KESEHATAN MENINGKATKAN HIDUP SEHAT

Palu - Pembangunan dibidang kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seiap masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Walikota Palu, H Rusdi Mastura dalam sambutan tertulisnya dibacakan staf ahli bidang hukum dan politik, Nolly N Mua SH pada pemasangan cup mahasiswa akademi keperawatan Bala Keselamatan Palu angkatan X tahun 2009 pada Jum’at (6/3).

Dikatakan, program pendidikan profesi keperawatan merupakan bagian dari upaya pembangunan dan peningkatan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat khususnya pada sumber daya manusia.

Pemasangan Cup bagi mahasiswa, sebagai awal dimlainya penerapan ilmu ilmu dasar keperawatan selama perkuliahan yang diharapkan dapat diaplikasikan pada pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut Walikota, pembangunan kesehatan masih diperhadapkan dar berbagai masalah diantaranya, penyakit menular yang terjadi di masyarakat yang saat ini belum dapat dituntaskan secara maksimal.

Menyinggung pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan dibidang kesehatan menurutnya, yang utama berupaya mengajak masyarakat agar tertarik dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan kesehatan. Diasamping itu, berupaya memobilitasi sumber daya serta sumber dana yang ada pada masyarakat sehinggga problem keterbatasan angaran pemerintah dapat teratasi.

Diharapkan, melalui usaha tersebut dapat memberi konstribusi guna terwujudnya masyarakat yang mandiri untuk hidup sesuai visi daripada departemen kesehatan.*******


PUTING BELIUNG TERPA TOJO UNAUNA
SATU WARGA MENINGGAL

Tojo Unauna - Angin Puting Beliung yang menerpa Desa Galuga, Kec. Tojo Barat, Kab. Tojo Unauna mengakibat satu warga meninggal dunia, dua warga lainnya luka ringan dan delapan rumah mengalami rusak berat.

Bencana puing beliung terjadi sekitar pukul 24. 00 Wita, Rabu (4/3) saat warga sedang tidur lelap.

Kepala bagian Humas dan protokol Tojo Unauna, Drs. Syarif Laswedi mengatakan, akibat bencana tersebut, satu warga seorang Ibu meninggal dunia atas nama Elisabeth (65), dua luka ringan masing masing Rani (34), Ryan (17) dan sepuluh unit rumah mengalami rusak.

Dinas Sosial bersama satuan penanggulangan becana langsung diterjunkan ke lokasi bencana, Desa Galuga untuk memberikan bantuan terhadap warga yang terkena musibah (rstmopn).

Tidak ada komentar: