Jumat, 13 Maret 2009

KABUPATEN DONGGALA PENYUMBANG SWASEMBADA PANGAN

Donggala – Keberhasilan Kabupaten Dongala, Propinsi Sulawesi Tengah berswasembada beras sejak tahun 1993, telah mampu menempatkan diri daerah ini sebagai penyumbang swasembada pangan Sulawesi Tengah bersama Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Banggai.

Keberhasilan daerah ini berswasembada beras sempat diungkapkan Gubernur HB Paliudju ketika melakukan panen raya padi diatas areal seluas 400 Hektare di Desa Tonggolo Bibi, Kec. Sojol, Kab. Donggala kemarin Kamis (12/3).

Bahkan Sulawesi Tengah menurut HB Paliudju, pada tahun 2008 lalu, menyuplay beras ke Propinsi Gorontalo lebih 2000 ton termasuk penyumbang di Tanh Air diatas rata rata target nasional 5%.

Keberhasilan tersebut, ungkap Pliudju, menyebabkan daerah ini memperoleh penghargaan dari Presiden tahun 2008 lalu.

Selain melakukan panen raya, Gubernur beserta rombongan juga meninjau Bendungan irigasi di Desa Tonggolo Bibi yang rusak total akibat musibah bencana alam bulan Januari lalu.

Sementara itu, Bupati Donggala, Drs Habir Panulele, yang dikonfermasi tentang potensi pertanian di daerahnya menyatakan, cukup tersedia dan bahkan di Kecamatan Sojol tahun ini, akan dilakukan pencetakan sawah baru.

Menyinggung luas areal pertanian di wilayah Kab. Donggala, Habir Panulele menyebutkan, saat ini mencapai 200.093 Hektar yang terdiri dari 33.000 hektar persawahan dan 18.000 lahan kering yang telah mampu membawa daerah ini surplus beras tahun 2008 sebesar 81.251 ton.

Mengakhiri kunjungan kerja Gubernur di wilayah Pantai Barat, sore kemarin juga mengahdiri peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1430 H yang diselenggaraka Dharma Wanita Persatuan Dinas cabang Dikjar Kec Sojol di desa Pangalasian.

Pada kesempatan itu, HB Paliudju selain mengingatkan pentingnya mewarisi nilai nilai keteladan Nabi Muhammad SAW, juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan pemilu Presiden/Wakilpresiden 2009 untuk kesinambungan pembangunan dan pemerintahan kedepan.******


KABUPATEN POSO BENTUK DESK PEMILU 2009

Poso - Untuk mewujudkan sukses Pemilu di Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah melibatkan berbagai pihak terutama dalam menciptakan kedamaian dan keamanan.

Menjelang pelaksanaan Pemilu 9 April 2009, pemerintah Kabupaten Poso terus mengoptimalkan berbagai kegiatan diantaranya melakukan pertemuan secara berkesinambungan baik dari pihak TNI/Polri, tokoh Agama dan tokoh Masyarakat.

Terkait dengan jelang kesiapan pemilu 2009, terlebih lagi saat ini pihak eksekutif telah membentuk Desk Pilkada yang telah siap memberikan informasi aktual selama 24 Jam.

Masyarakat dan pemerintah daerah setempat sangat optimis bahwa kedamaian dan keamanan yang telah terbangun ditengah masyarakat di Kabupaten Poso mempunyai pengaruh besar terhadap kelancaran pelaksanaan Pemilu Legislatif daerah, pusat dan DPD tanggal 9 April 2009 mendatang(rstmopm).

Tidak ada komentar: