Minggu, 22 Maret 2009

MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN, SASARAN UTAMA PEMBANGUNAN SULAWESI TENGAH

Palu - Gubernur Daerah Propinsi Sulawesi Tengah, HB Paliudju berpendapat sasaran utama dari pembangunan yang diprogramkan oleh pemerintah adalah meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran yang berkeadilan bagi masyarakat bangsa dan negara.

Menurut Palidju, dalam meningkatkan kesejahteraan setiap anak bangsa di negri ini, memerlukan kearifan bersama yang tidak saja oleh pemerintah akan tetapi oleh lembaga-lembaga lain non pemerintah bahkan peraanserta masyarakat itu sendiri.

Bagi masyarakat yang terutama bermukim di daerah pesisir pantai dan kepulauan yang selama ini, terkonotasi sebagai populasi orang miskin terbesar di Sulawesi Tengah terus mendapat perhatian dari pemerintah.

Pemerintah pusat dan daerah, baik propinsi maupun Kabupaten/Kota kata Paliudju, terus melakukan berbagai upaya sehingga program pemberdayaan terhadap masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan mendapatkan perhatian yang sangat serius dalam penanganannya.

Terkait dengan hal tersebut, baik dari Departemen Perikanan dan Kelautan maupun kementrian PDT, akan merealisasikan programnya pada tahun 2009 menyangkut pemberdayaan potensi kelautan termasuk bagimereka yang bermukin di wilayah pesisir pantai dan Kep. Togean, Kab. Tojo Unauna.

HB Palidju juga berharap, dengan berbagai program pemberdayaan ekonomi ini, masyarakat hendaknya menyambut dengan kerja keras serta sesuai dengan tata aturannya sehingga berdampak baik terhadap perekonomiannya.****


KORBAN BANJIR MOROWALI TERUS DIUPAYAKAN

Morowali -
Pemerintah Kab. Morowali terus melakukan berkoordinasi baik dengan pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah maupun dengan Badan Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam Pusat guna membantu korban banjir di Kecamatan Petasia, Kab.Morowali.

Musibah banjir yang melanda 12 desa di Kecamatan Petasia, Kab.Morowali walaupun diakui oleh salahsatu pejabat Pemda Kab.Morowali merupakan banjir musiman, tetapi penanganan korban tetap terus diupayakan.
Saat dihubungi melalui Celuler kemarin Sabtu (21/3), Kabag Humas dan Protokol Kab. Morowali, Bambang Suroyo mengungkapkan, Bupati Anwar Hafid terus mengambil langkah langkah untuk membantu para korban banjir.

Penanganan yang telah dilakukan sejak terjadinya bencana banjit tersebut, diantaranya, penyaluran sembako, selimut dan pendirian tenda tenda di lokasi pengungsian.******

Tidak ada komentar: