Senin, 16 Februari 2009

PEMERINTAH TOJO UNA UNA BERSAMA ELEMEN MASYARAKAT MENINGKATKAN PENDAPATAN

Tojo Unauna - Dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kuwalitas masyarakat pesisir di Kabupaten Tojo Unauna, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus saling bahu membahu dalam memahami keberadaannya masing masing.

Demikian dikatakan Gebernur Sulawesi Tengah H.Paliudju ketika meresmikan keberadaan air bersih di desa Kabalokan, Kec.Walean Kepulauan dan listrik tenaga surya di desa Tobil, kemarin Minggu (15/2)

Menurut Gubernur, dalam pengembangan memanfaatkan potensi kelautan perlu dilakukan pengelolaan yang baik sehingga mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Disamping itu dirinya berharap, agar masalah lingkungan harap menjadi perhatian bersama terutama bagi masyarakat nelayan dalam melakukan penangkapan ikan hendakya tidak menggunakan cara cara yang dilarang.*****


TKI ASAL SULTENG ASAL IKUT IKUTAN KERJA

Palu - PJTKI Alpindo Mas Buana Pusat yang merekruet tenaga kerja Indonesia (TKI, TKW) ke negara Timur Tengah mengaku kecewa terhadap rekruetmen TKI asal Sulawesi Tengah.

Walaupun TKI, TKW asal Sulawesi Tengah hanya sebagaian kecil atau sekitar 3% berasal dari Sulawesi Tengah, namun banyak menimbulkan masalah disekitar internal PJTKI.

Menurut manajer PJTKI, ALPINDO Buana Pusat, Zulkifli Aluese, rata rata TKI asal Sulawesi Tengah menunjukan perilaku kinerja yang mengcewakan. Umumnya motivasi mereka, hanya karena ikut ikutan setelah melihat keberhasilan para TKI lainnya, sementara persiapan metal samasekali tidak ada.

Sehingga mereka menjalani rangkaian persiapan seperti, tahap pembinaan melalui BLK sebelum pemberangkatan seakan sudah menunjukan sikap yang mengecewakan.

Hal ini diakui, cukup banyak memberi kerugian finansial bagi perusahaan untuk menutupi biaya yang sudah terlanjur dikeluarkan.

Sesuai pengalamannya dalam merekruetmen TKI, pihak ALPINDO Masbuana yang masuk lima besar di Indonesia, mengaku, SDM TKI,TKW asal Sulawesi Tengah masih dibawah standar dibanding dari daerah lainnya.

Meskipun demikian, Zulkifli yang juga sebagai putra daerah tetap berupaya agar TKI yang berasal dari Sulawesi Tengah tetap bisa direkruet. Hal ini dilakukan, demi kontribusinya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Dirinya merencanakan, untuk membuka akses ranting perusahaannya hingga keseluruh kabupaten yang saat ini masih berada di Kab. Donggala dan Kab.Toli toli dibawah kantor cabang Palu. *********


PEMERINTAH TOJO UNA UNA KONSISTEN LAKUKAN PROGRAM PEMERATAAN PEMBANGUNAN

Tojo Unauna - Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna konsisten melakukan program pemerataan pembangunan guna memenuhi kebutuhan dasar bagi warganya.

Komitmen Pemerintah Kab. Tojo Unauna, untuk pemerataan pembangunan terutama untuk kebutuhan dasar masyarakat secara bertahap terus dilakukan sampai kepelosok pedesaan.

Seperti halnya pemenuhan kebutuhan air bersih dan energi listrik hingga saat ini tetap menjadi perhatian pemerintah daerah. Hal ini, terbukti proyek pengadaan air bersih di desa Kabalutan, Kec.Walea Kepulauan dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di desa Tobelo, Kec.Togean ternyata dapat dinikmati warga setempat. Menyusul persmiannya oleh Gubernur Paliudju kemarin, Minggu (15/2).

Bupati Tojo Unauna, Drs.Damsik Ladjalani menjelaskan, Proyek air bersih di desa Kabalutan dibiayai dana sheering antara APBN dengan APBD Propinsi Sulawesi Tengah dan APBD Kab. Tojo Unauna.

Keberadaan proyek air bersih di desa Kabalutan, Walea Kepulauan, menurut Bupati sangat berarti bagi masyarakat. Sebab, selama ini kata Damsik Ladjalani, masyarakat harus meluangkan waktu tiga hari untuk mengambil air didaerah daratan, sehingga praktis hanya empat hari digunakan untuk mencari nafkah.

Pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat tersebut, akan terus diupayakan termasuk proyek pembangunan penyulingan air bersih yang saat ini sedang dilaksankan di desa Kulingcinari, Kec Unauna. Dan proyek ini diharapkan selesai pada tahun ini sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.******


ILEGAL LOGING MASIH TERJADI DI KAB.PARIGI MOUTONG

Parigi Moutong – Kegiatan illegal loging di Kab Parigi Moutong (Parimo) sehingga sampai saat ini masih terus terjadi, Hal ini ditambahi dengan diketemukannya 200 pisis kayu Ilegal di desa Sidoan, Kec. Tinombo beberapa waktu lalu melalui operasi yang dipimpin langsung Wakil Bupati, Samsu Rizal Tumbolotutu.

Kayu tersebut dikatakan Illegal menurut Samsu, karena tidak memilki dokumen dan sementara ini sebagian diamankan di Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan di Parigi dan sebagian lainnya masih dititipkan di Kantor Kehutanan setempat.

Kayu hasil tangkapan tersebut, tidak disita tetapi hanya sebatas mengamankan. Dan kepada warga yang merasa sebagai pemilik dapat berurusan kepada pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan guna melengkapi dokumennya.

Rizal menegaskan, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk memberatas Illegal Loging. Masalahnya, dampak illegal loging seperti banjir yang terjadi di beberapa wilayah Kabupten yang dikenal lumbung padi ini setiap musin hujan sangat mengganggu kehidupan masyarakat (rstmopm)

Tidak ada komentar: