Kamis, 26 Februari 2009

LINMAS POSO LAKUKAN RAKOOR BENCANA ALAM


Poso -
Gubernur Propinsi Sulawesi Tengah HB Paliudju pada hari ini, Kamis (26/2) di Poso secara resmi membuka rapat kordinasi kesiapsiagaan satuan linmas dalam menghadapi bencana di Kab. Poso.

Rapat yang bertempat di Aula Losmen Alugoro, Poso, Gebernur dalam mengawali sambutannnya yang dibacakan Sekab Poso, Drs.Amdjad Lawasa MM menyampaikan, kegiatan ini agar mendapatkan nilai tambah dalam peningkatan kinerja satuan linmas dalam menjalankan tugas tugas kemanusiaan pada penanganan bencana.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, penyelenggaraan satuan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah propinsi, kabupaten dan kota sebagaiman diamnatkan dalam undang undang No 32 tahun 2004.

Disamping itu juga Gubernur kembali mengingatkan, peran dan fungsi linmas saat ini dan masa mendatang sangat strategis serta tidak saja penyelenggaraan pada kamtibmas dan penanggulangan bencana, tetapi kegiatan lain diantaranya, Pemilu, Pilkada, dan sosial masyarakat.

Dalam akhir sambutannya, Gubernur berharap, seluruh aparat pemerintah khususnya satuan linmas yang tersebar dari desa,kelurahan hingga sampai tingkat kabupaten agar membekali sedini mungkin dalammeningkatkan ketahanan bangsa terlebih yang terjadi seperti saat ini dan yang akan datang.

Rapat koordinasi Linmasi ini mengambil Tema, Melalui Rapat Koordinasi Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan Satuan Linmas dalam menghadapi Bencana di Kab. Poso. Rapat ini telah diikuti sedikitnya 70 peserta yang berasal dari Satkoorlaks, dan Satlaks penggulangan bencana yang tersebar di kabupaten Poso.******


BUPATI POSO HADIRI PELANTIKAN ANGGOTA PPK

Poso – Bupati Kab. Poso, Drs. Piet Inkiriwang MM hari ini Kamis (26/20 menghadiri acara pelantikan Panitya Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitya Pemungutan Suara (PPS) Kec. Poso Kota Utara, Poso Kota, Poso Kota Selatan, Lage dan Kec. Poso Pesisir dan dilanjutkan sosialisasi dan rapat tehnis bertemapat di Sanggar Pemuda Poso.

Acara pelantikan dihadiri pula, Muspida Kab. Poso, anggota KPU Propinsi, ketua KPU Kab. Poso, para Camat dan para anggota PPS dan PPK yang akan dilantik dari lima kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Poso mengatakan, tanggung jawab yang diemban bagi PPS dan PPK cukup berat namun kalau dilaksankan secara sungguh sungguh dan keikhlasan serta penuh tanggung jawab yang tinggi pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu bupati juga mengharapkan, bagi anggota yang baru dilantik agar jangan sampai kecolongan dan jangan ada rekayasa agar supaya pemilu yang akan dilaksanakan dapat tertib, aman dan sukses.

Sebelum mengakhiri sambutannya bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama sama menyukseskan Pemilu 2009 dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi terciptanya kedamaian di Bumi Sintuwu Maroso.

Pada kesempatan yang sama, ketua KPU Kab. Poso, Iskandar Lamuka mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK dan PPS hari ini kembali akan dilakukan secara serentak disemua wilayah kecamatan se Kabupaten Poso.

Sedangkan hari ini dilaksanakan, dikarenakan dibeberapa wilayah kecamatan, desa/kelurahan terjadi pergantian antar waktu baik angota PPK dan PPS. Adapun jumlah anggota PPK dan PPS dari lima kecamatan sebanyak 149 anggota****


PERINGATI HUT 114 POSO GELAR TARIK TAMBANG

Poso –
Memperingati 114 tahun Kota Poso tanggal, 1 Maret 2009 pemerintah dan masyarakat setempat menggelar berbagai cabang olah raga dan kesenian serta lomba kebersihan keindahan dan kenyaman (K3).

Mengawali kegiatan tersebut, pagi tadi Kamis (26/2) dibuka Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang MM dalam suatu upacara di halaman kantor Bupati Poso.

Pada kesempatan itu, Bupati Poso mengingatkan, dengan berolah raga akan dapat meningkatkan kuwalitas kesehatan sekaligus turut menyukseskan rogram pemerintah dalam memasyarakatkan olah raga.

Cabang olah raga hiburan yang dipertandingkan antara lain, tarik tambang, lari karung putra/putri yang diikuti karyawan/karyawati seluruh SKPD, gerak jalan beregu yang dikuti para pelajar, serta pertandingan yang melibatkan masyarakat umum berupa panjat pinang, lari 10 K untuk putra dan 5 K untuk putri.

Pada peringatan ke 114 kota Poso 2009 ini, juga dilaksankan lomba kesenian berupa lagu lagu daerah yang melibatkan masyarakat umum di tiga Kecamatan, Kec.Poso Kota, Poso Kota Utara dan Kec. Poso Selatan serta utusan dari SKPD yang ada di jajaran Pemda Kab.Poso.*****


KORBAN TANAH LONGSOR DONGGALA SIAP DIRELOKASI

Donggala -
Sejumlah 31 kepala keluarga masyarakat suku terasing yang mengalami musibah bencana alam tanah longsor di Desa Kaliburu, Kec. Sindui tumbusabora, Kabupaten Donggala dalam waktu dekat akan segera direlokasi.

Masyarakat yang terkena musibah bencana alam tanah longsor tersebut, dalam waktu dekat akan direlokasikan ketempat yang lebih aman.

Kepala dinas kesejahteraan sosial Kab. Donggala, Drs. Faisal Abubakar hari ini Kamis (26/2) saat dihubungi menjelaskan, akibat turunnya hujan dalam tiga hari terakhir khususnya di pantai barat Kab. Dongala mengakibatkan terjadinya tanah longsor.

Menurutnya Abubakar, dalam musibah tersebut sedikitnya sepuluh buah rumah penduduk setempat mengalami kerusakan, lima buah lainnya dengan kondisi hancur total dengan dua orang meninggal dunia tertimbun longsor.

Untuk mengantisipasi korban bencana tanah longsor tersebut, pihak Pemda Kab. Donggala melalui camat setempat akan merelokasi penduduk yang terkena musibah ketempat yang lebih aman setelah melaporkan ke pemerintah Propinsi.

Masyrakat yang mengalami musibah tersebut, ungkap Abubakar, langsung dikunjungi Bupati Donggala Drs.H. Habib Ponulele MM yang didampingi dinas terkait seperti, dinas kesejahteraan sosial, dinas insfraswil, dan dinas kesehatan.

Dalam kunjungan kemarin, Rabu (25/2) tersebut, Bupati Donggala menyerahkan sejumlah bantuan berupa bahan makanan, obat obatan, selimut, perlengkapan dapur serta keperluan lainya.******


PANITYA PEMILIHAN KECAMATAN PINOMBO TERUS LAKUKAN SOSIALISASI PEMILU 2009

Parimo -
Panitya Pemilihan Kecamatan (PPK) bersama pemerintah kecamatan Pinombo Selatan, Kab. Parigi Moutong hingga kini masih mensosialisasika pemilu 9 April 2009 mendatang kepada masyarakatnya.

Kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2009 mendatang sangat diharapkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak KPU melalui jajarannya baik ditingkat Propinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota serta Kecamatan bersama instansi tehnis hingga saat ini masih terus mensosialisasikan kepada masyarakat.

Menyangkut tehnis pelaksanaannya, di Kec. Pinombo Selatan, Kab. Parigi Moutong misalnya, pihak PPK bekerjasama dengan pemerintah kecamatan melakukan sosialisasi.

Ketua PPK Pinombo Selatan, Abdul Yasib Jupanda saat dihubungi menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan mulai dari tingkat kecamatan, desa sampai pada tingkat dusun.

Menyinggung kesiapan dilapangan, menjelang hari H pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan Pemilu tersebut, menurut Yasib, pihaknya sudah siap dan hanya tinggal proses logistik.

Sementara itu, Camat Tinombo Selatan, Masrudin Pasau SE menambahkan, dari 25661 jiwa penduduk diwilayahnya, 16166 orang pernah memiliki hak pilih menyalurkan aspirasi suaranya di TPS tanggal, 9 April nanti.

Pihak PPK, telah menyiapkan 45 buah TPS tersebar pada 14 diwilayah kecamatan Pinombo Selatan(rstmopm).

Tidak ada komentar: