Rabu, 12 November 2008

SIDANG SINODE GKST TENTUKAN THEMA

SB Poso - Sidang lanjutan Sinode GKST ke 43 memasuki hari ke dua pada Rabu (12/11) yang diselenggarakan di Gereja Moria, Kec. Tentena, Kab. Poso, Sulawesi tengah. Dengan agenda pembahasan Thema yang diketuai oleh Pdt.Dr.A.A.Yewangoe.

Menurut Yewangoe, thema yang diambil, Tuhan itu baik kepada semua orang dan penuh Rahmat terhadap segala yang dijanjikannya. Dan Thema tersebut sama dengan Thema dalam sidang Raya PGI ke XV yang menurut rencana akan diselenggarakan pada Nopember 2009 mendatang.

Masih menurut Yewangoe, kondisi masyarakat pada era orde baru penuh dengan ketegangan. Hal ini dikarenakan, masyarakat pada saat itu diajak ke dalam kekuasaan Negara.

Selain itu, saat ini masyarakat belum cukup toleran. Dia mencontohkan, kejadian aliran Ahmadiyah yang dikejar-kejar yang karena berbeda pandangan. Hal ini sebagai umat Kristen, dirinya tidak bisa mencampuri urusan internal Muslim.

Menanggapi masalah adanya RUU Syariat Islam, dirinya menjelaskan, masing masing Peda sudah diatur oleh Undang undang, sementara Muslim punya Perda sedangkan Kristen mempunyai, Injil. Namun demikian, maslah Undang undang semuanya diserahkan kepada pemerintah.

Sedangkan untuk Undang undang Pornografi, dirinya menyetujui disahkanya undang undang tersebut dengan alasan, pasal pasalnya mempunyai batsan yang sangat jelas, demkian jelasnya.

Sidang Sinode GKST KE 43 ini menurut rencana akan diselenggarakan hingga Minggu (16/11). Saat berita diturunkan, di lokasi persidangan masih berlangsung. Sedangkan pada tanggala Sabtu (15/11) menurut rencana sidang akan menentukan calon ketua umum GKST baru melalui pemilihan (rstmopm).

Tidak ada komentar: