Kamis, 25 September 2008

MENJELANG LEBARAN APARAT KEMANAN TURUNKAN 460 PERSONIL INTI

SB Palu - Aparat keamanan Sulawesi Tengah beberapa hari yang lalu telah menggelar kesiapan pengamanan dalam mengahadapi Hari Raya Iedul Fitri 1429.

Dalam rangka untuk pengamanan menjelang Iedul Fitri 1429 Hijrah, Polda Sulteng menyiapkan titik titik pengamanan di wilayah Polres masing masing yang berada di Sulteng.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Suparni Parto usai gelar pasukan pengamanan Lebaran di lapangan Watulemo beberapahari yang lalu mengatakan, berdasrkan pengalaman pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tingkat kecelakaan lalulintas saat menjelang Ieduk Fitri dan saat hari H selalu meningkat.Untuk itu Pos pengamanan lebih dimaksimalkan di masing masing Polres dan Polsek yang ada di Kabupaten dan kota.

“ Jalur lalulintas luar kota menjelang hari H akan pada sehingga setiap Pos akan ditempatkan petugas baik dari Polri dan TNI selama 1 x 24 jam,” demikian ungkapnya.

Supani Parto juga mengaskan, jumlah personil inti yang dipersiapkan dalam menjelang Lebaran b erjulah sedikitnya 460 personil inti yang terdiri Polri-TNI yang terbagi dari beberapa tugas lainnya.

Bagi pemudik yang hendak meninggalkan rumah, sebaiknya melaporkan ke RT atau Polsek di wilayah masing masing sehingga menjadi wilayah pengawasan. Selain itu, pemudik memperhatikan alat elektronik yang masih hidup hendaknya dimatikan untuk menghidari kebakaran serta mengunci pintu dan jendela, demikian himbaunya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Palu AKPB AB Sitinjak. Di Palu ada sebelas Pos titik yang terbagi setiap kecamatan, Palu Selatan empat Pos, Palu Timur dua Pos, Palu Barat tiga Pos, sedang Palu Utara terdapat dua Pos. Dan setiap Posnya difungsikan sebagai informasi masyarakat pemudik maupun tempat pelaporan pengaduan masyarakat.

Selain menempatkan anggota di Pos, pihak Polres juga menempatkan anggotanya di temapat-tempat khusus seperti, komplek pertokoan, rumah ibadah, dan tempat tempat rawan kriminal serta jalan rawan kecelakaan.

Selain itu juga, bersamaan operasi dengan sandy operasi ketupat, personil aparat keamanan juga melakukan razia petasan,miras, tempat hiburan malam, razia kelenkapan kendaraan bermotor juga masih dilaksankan, demikian paparnya (rstmopm).

Tidak ada komentar: