Jumat, 10 Oktober 2008

PROSESI PEMINANGAN PERKAWINAN ADAT PAMONA

SB Poso -Prosesi adat Pemombai oli dan Mabulere Peowa Keluarga Drs, Piet Inkiriwang, MM berlangsung di Rujab Bupati Poso Kamis, 4 September 2008, dihadiri Ketua Dewan Adat Poso Drs, J Santo, Tokoh-tokoh Adat Pamona, Tokoh-tokoh adat lainnya, Para Pejabat dilingkungan Pemdakab. Poso, Para Sesepuh Keluarga, handai Taulan serta para tamu undangan.

Prosesi Adat Pemombai oli menurut Drs, J Santo adalah merupakan pemberian harta kawin kepada calon isteri yang akan dinikahi, hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya pembuktian tanggungjawab yang besar yang akan dibebankan kepada calon pasangan pria terhadap kewajibannya menafkahi isterinya. Sedangkan Mabulere Peowa atau buka pinang merupakan simbol adat yang didalamnya terdapat bungkusan yang berisi sirih, pinang, plakat yang berisi perhiasan emas gelang, giwang, rantai dan sebagainya. Dalam hal ini Mabulere peowa dimaksudkan sebagai acara rembuk keluarga untuk menentukan layak tidaknya lamaran calon mempelai pria diterima atau tidak, dengan memperhatikan bungkusan yang dihantarkan.

Keseluruhan prosesi adat tersebut berlangsung sukses dan lancar yang dijalani Keluarga Piet Inkiriwang yang akan melangsungkan pernikahan anaknya Verna Gladys Inkiriwang ( Runner Up Miss Universe Tahun 2006 ) pada bulan September mendatang ini di Poso dan Manado.
Pada kesempatan tersebut Seluruh keluarga tampak ceria dan gembira telah melewati prosesi awal adat perkawinan Pamona tersebut. Teristimewa kepada Verna Gladys Inkiriwang yang tampak berseri-seri dan berbinar-binar telah mendapatkan petuah-petuah dari para sesepuh keluarga besar Inkiriwang - Pelealu dari Poso dan Manado.

Acara tersebut diwarnai juga dengan aksi budaya karambangan asal Sulewana yang menyuguhkan lagu-lagu bersyair Pamona yang mendapat applause para hadirin (rstmopo).

Tidak ada komentar: