Senin, 06 Oktober 2008

ANGKA KEMISKINAN DI KAB. POSO TURUN 20 PERSEN

SB Poso - Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Poso memperkirakan jumlah angka kemiskinan di wilayah ini mengalami penurunan hingga 20% dari jumlah penduduk miskin tahun 2005 yang mencapai 20.749 jiwa.

Hal ini berdasarkan hasil verivikasi data di masyarakat yang dilakukan BPS belum lama ini. Kepala BPS Poso Jefri Wahido mengatakan, meskipun belum ada angka yang riil yang diperoleh, namun dari hasil pendataan yang dilakukan di 18 Kecamatan yang ada se Kabupaten Poso, menunjukkan hampir rata rata tingkat kemiskinan warga mengalami penurunan.

Walaupun masih dalam tahap perhitungan, tergambar masyarakat miskin se Kabupaten Poso secara umum mengalami penurunan yang diperkirakan mencapai 10 persen hingga 20 persen, kata Jefri di kantornya babarapa hari yang lalu.

Selanjutnya, BPS Kab. Poso tengah melakukan verivikasi data baru di lapangan, dan datanya harus selesai dan diterima BPS provinsi untuk selanjutnya diteruskan ke pusat pada akhir September.

Meski rata – rata setiap kecamatan jumlah warga miskin mengalami penurunan, namun ada beberapa desa justeru mengalami sedikit peningkatan seprti desa Kuku, kecamatan Pamona Utara, desa Pandiri, kecamatan Lage, dan Kelurahan Moengko Baru, kecamatan Poso Kota.

Untuk menyikapi hal ini, pihak BPS kembali melakukan pendataan di tiga wilayah tersebut. Dan hasil yang didapat ternyata ada warga yang sudah meninggal masih terdata, selain itu, masih adanya warga yang hidupnya sudah mapan juga masih tercatat sebagai warga miskin dan setelah didata kembali ternyata jumlah warga miskin di tiga desa tersebut juga mngalami penurunan, ungkap Jefri.

Dalam pendataan ini, BPS tidak mau kecolongan, sehingga data yang diperoleh di lapangan benar-benar data akurat yang mengacu kepad ke 14 kriteria warga miskin yang ditetapkan Pemerintah.
Data yang akan disajikan, tidak hanya untuk satu kriteria saja seperti BLT penerima atau semacamnya. Tapi juga bisa digunakan untuk kepentingan bantuan dana pendidikan, kesehatan, sosial, dan semacamnya (rstmopm).

Tidak ada komentar: