Sabtu, 16 Agustus 2008

MENANAMKAN CINTA TANAH AIR MELALUI LATIHAN PASKIBRA

Melibatkan siswa/siswi dalam acara serimonial dalam rangka menyambut serta menyemarakan Hari bersejarah bangasa Indonesia, HUT RI ke-63, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang tujuannya menanamkan semangat cinta tanah air bagi anak bangsa.khususnya siswa-siswi yang merupakan generasi pemimpin bangsa ke depan.

Dengan semangat cinta tanah air, para siswa-siswi nantinya akan memiliki jiwa patriotisme dan selalu siap untuk bela negara atau siap untuk dipanggil demi kepentingan negara dan bangsa. Dalam menyambut HUT RI – ke 63 kali ini, para siswa siswi kabupaten Poso dilatih kekompakan dan kebersamaan melalui kegiatan Marcing Band.

Jauh jauh sebelum menjelang HUT RI, Marching Band, Genta Praja Mukti yang terdiri dari siswa-siswi Poso menampakkan semagat berlatih setiap harinya, serta memperlihatkan kebolehannya, keserasian dan kekompakannya. Hal ini dilakukan serius karena secara langsung Group Marching Band ini mendapatkan undangan dari Kepala Daereah Kab. Poso untuk memperlihatkan kebolehannya saat puncak acara HUT RI yang dipusatkan di Lapangan Sintuwu Maroso pada Minggu (17/8).

Group Marching Siswa-siswi Poso yang dipimpin oleh seorang lurah Kasintuwu, Poso Kota, Jeri Gembu yang berdiri sudah lama atau pasca konflik ini telah ditampilkan pada event event penting terutama pada acara serimonial.

Sementara untuk menanamkan semangat patriotisme juga ditujukan kepada pemuda pemuda generasi bangsa khususnya daerah Poso melalui latihan Pasukan Pengibar Bendera. (Paskibra). Pemuda pemuda yang tergabung dalam Paskibra direkrut dari element masyarakat terutama pemuda dan TNI- Polri Kab Poso.

Paskibra yang dilatih, tidak memandang dari etnis mana dan agama apa mereka adalah satu tujuan yaitu sukses pelaksanaan acara puncak HUT RI Ke 63. Paskibra tersebut melakukan waktu latihan tidak jauh beda dengan Grup Marching Band yaitu pagi dan siang.

AdapuN yang dilatihkan Paskibra meliputi, keserasian, cekatan, kerapihan, kekompakan dan latihan fisikpun tidak ketinggalan. Bentakan dari Instruktur untuknya, merupakan hal wajar buat dirinya dan ini sebagai tujuan kesuksesan puncak acara.

Kalau dilihat dari kegiatan yang dipersiapkan oleh pemuda pemudi Kab. Poso merupakan contoh konkrit pemuda sebagai generasi penerus peminpin bangsa yang tidak mengenal menyerah, menghagai arti sejarah perjuangan kemerdekaan.
Kegiatan kegiatan semacam ini, sangat bermanfaat untuk membangun semangat patriotisme pemuda untuk menghilangkan rasa saling curiga diantara kita karena jiwanya akan tertanam suatu satu tujuan apa yang diraih, “Sukses”. Jaman perjuangan, satu tujuan,”Merdeka”.

Tidak ada komentar: