Senin, 05 Januari 2009

KAB. POSO LANTIK 54 ORANG PANWASLU KECAMATAN

Poso - Panitya pengawas pemilu (Panwaslu) 2009 Kecamatan Kab.Poso sejumlah 54 orang dari 18 kecamatan pada hari ini, Senin (5/1) dilantik secara bersama di Gedung DPRD Kab. Poso.

Dalam sambutan Kepala Panwaslu Propinsi yang dibacakan oleh Sekpanwaslu Kab. Poso, Achmad Kasni menyampaikan, Pemilu sebagai manifestasi kedahulatan rakyat sebagaimana yang diamanatkan pada UUD 1945. Sebagai pesta demokrasi rakyat, kesuksesan pemilu tidak hanya diukur pada terpilihnya wakil wakil rakyat dilembaga legislatif melainkan, diukur sebarapa jauh peserta pemilu maupun pelaksana pemilu patuh terhadap peraturan.

Sebagai penyelenggara dalam hal pengawasan, lembaga pengawasan dibentuk dari tingkat pusat hingga tingkat kelurahan maupun desa, agar dapat melaksanakan pengawasan pelaksanaan pemilu yang secara langsung akan menciptakan derajat kesemua perwakilan yang sehat.

Oleh karenanya, Panwaslu dituntut untuk berlaku adil terhadap kesemua peserta pemilu serta berperan aktif untuk menegakkan semua peraturan peraturan yang telah amanatkan dalam Undang undang serta peraturan lainnya guna terselenggaranya pemilu yang sesuai azasnya, Luber dan Jurdil.

Selanjutnya kepada ke 54 panwas yang baru dilantik Kapanwas mengharapkan, diantaranya, setelah pelaksanaan pelantikan agar seluruh panwaslu sekabupaten Poso segera melakukan konsolidasi internal dilingkungan anggota. Segera melakukan koordinasi dengan kepala kecamata setempat dalam hal pemenuhan keseketariatan. Dan melalukan pembelajaran secara koperehensip terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu untuk melakukan langkah kedepan.

Selanjutnya, terhadap kritik dan saran, harus disikapi secara positip dan sebaliknya terhadap kritik yang sifatnya yang tidak sehat, untuk disikapi secara fajar dan penuh kesadaran serta keharusan. Malkukan atau menjalin kerja sama dengan semua pihak dalam menjalankan tugas, demikian penekanannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya kapanwaslu menyampaikan, dengan semakin lengkapnya personil pengawasan dapat menoptimalkan fungsi dan peran pengawasan dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2009.

Sementera pada tempat yang sama, Bupati Poso, Drs. Piet Inkiriwang MM yang diwakilkan Sekda Kap Poso, Drs. Amdjad Lawasa MM mengatakan, acar pelantikan ini sebagai bagian yang tak terpisahkan denagn pentahapan pelaksanaan pemilu 2009 mendatang yang secara bersama-sama akan segera dilaksankan.

Dikatakannya, pelantikan ini merupakan wujud kesungguhan pemerintah Kab.Poso untuk menyukseskan pesta demokrasi melalui pemilu 2009 yang bersifat Luber dan Jurdil.
Selain itu ia juga mengatakan, pelantikan panwaslu Kecamatan Kab. Poso merupakan sebagai langkah untuk mengantisipasi kompleksitas pelaksanaan pemilihan umum, karena beban dan tugas yang semakin banyak dengan terus berupaya untuk menghindari kemungkinan kemungkinan terjadi berbagai penyimpangan sedini mungkin.

Bupati Poso dihadapan para Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik meminta, diantaranya, panwaslu akan diberhadapkan dengan sejumlah partai yang berbagai karakter dan sifat yang berbeda-beda terlebih sebagai Panwas dituntut lebih netral, adil dan tidak berpihak pada satu kekuatan politik tertentu serta menghindari berbagai pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

Selanjutnya, tugas panwaslu bukannya sebagai tugas perorangan tetapi, merupakan satu kesatuan yang harus dilaksanakan secara koordinasi. Untuk itu, perlu diciptakan kebersamaan dan kekeluargaan serta saling memahami. Terlebih, setiap ada permasalahan perlu diselesaikan secara arif melalui musyafarah untuk mencapai mufakat.

Bupati Poso kepada panwas juga mengharakan, Panwaslu Kecamatan agar menjalankan tugas sebagai panwaslu yang jujur dan tanggung jawab yang lebih besar sesuai dengan janji yang telah diucapkan pada saat pelantikan.
Sedangkan selama dalam pelantikan tersebut, Drs. Amdjad Lawasa MM didampingi oleh Wakil ketua DRPD, Seketaris Panwaslu, dan ketua KPUD Kab. Poso. Selain itu, ikut hadir dalam acara pelantikan diantaranya Dandim 1307/ Poso dan Kapolres Poso yang diwakilkan Wakapolres serta beberapa camat Kab. Poso (rstmopm).


KAB. POSO LAKUKAN APEL PERDANA 2009

Apel bersama perdana tahun 2009 dipimpin langsung oleh Bupati Poso, Drs. Piet Inkiriwang MM di halaman kantor Bupati Senin, (5/1).

Apel perdana di tahun baru 2009 tersebut, diikuti seluruh kepala SKPD serta seluruh PNS dilingkungan pemda Kab. Poso.

Dalam amanatnya Piet Inkiriwang memberikan spirit dalam mengawali tahun baru 2009 agar bekerja lebih giat terlebih lagi telah disempurnakannya PP 41 dengan membentuk organisasi perangkat daerah peserta pejabat eslonnya yang baru.

Hal tersebut dimaksudkan, sebagai upaya lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat demi terselenggaranya roda pemerintahan yang dinamis mewujudkan pembangunan disegala bidang.

Menurutnya Piet Inkiriwang, tantangan kedepan makin besar akibat pengaruh krisis global yang menuntut para SKPD agar bekerja yang lebih profesional, inovatif dan kreatif sehingga mampu menghadapi tantangan tersebut.
Piet Inkiriwang mengungkapkan, dana bantuan semakin besar yang masuk daerah Poso supaya dikelola dan ditangani dengan hati-hati. Olehnya Piet meminta kepada Inspektorat untuk menjalankan fungsi pengawasan yang ketat terhadap seluruh SKPD dan PNS agar dana tersebut sesuai dengan peruntukannya.

Seluruh PNS, diminta oleh Bupati agar tidak terlibat terhadap tender tender, tidak terlibat dalam kampanye kampanye menjelang pemilu 2009 dan seluruh PNS diminta untuk netral dan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.*******


PEMDA POSO BAHAS RAPBD 2009

Bupati Kab. Poso, Drs. Piet Inkiriwang MM pada Sabtu (3/1) beberapa hari yang lalu melakukan rapat koordinasi dalam rangka membahas RAPBD di Komisi-komisi DPRD di ruang Panggombo kantor bupati Poso.

Ikut dalam rapat tersebut diantaranya, Sekab Poso Drs. Amdjad Lawasa MM, para Asisten, Inspektorat serta diikuti para SKPD yang beberapa hari sebelumnya telah dilantik.

Dalam rapatnya Inkiriwang memeberikan beberapa penekanan, diantaranya, untuk para SKPD agar pada tahun 2009 bekerja lebih keras dan inovatif dalam menghadapi tantangan yang lebih komplek.

Olehnya meminta, para SKPD agar kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan melalui jabatan yang baru disandangnya hendaknya dijadikan motivasi dalam mengembangkan karier serta mengukir prestasi dalam membangun Poso yang lebih maju.

Inkiriwang juga mengaharapkan, SKPD bekerja secara profesional, mau bekerjasama antara pimpinan dengan bawahan, loyalitas dan terintegrasi dalam setiap menjalankan visi dan misi Pemda Poso sehingga, cita cita untuk mewujudkan masyarakat yang adil makmur, hidup rukun serta hidup sejahtera segera terwujud di Bumi Sintuwu Maroso.

Dihadapan peserta rapat Piet Inkiriwang mengajak, agar meningkatkan kerjasama dan harmonisasi yang sudah terjalin selama ini tanpa adanya kelompok – kelompok. Terlebih sebagai PNS, hindari dari budaya korupsi, kolusi dan nepotisme. (rstmopm)*********


Tidak ada komentar: